Awas, Makan Pedas Berlebihan Bisa Terserang Penyakit Berbahaya!

Awas, Makan Pedas Berlebihan Bisa Terserang Penyakit Berbahaya!

Awas, Bahaya Makan Pedas
Awas, Bahaya Makan Pedas

Masakan pedas memang terkadang sangat nikmat, terutama bagi anda yang menyukai tantangan. Dapat menikmati masakan pedas pada level tertentu merupakan sebuah capaian tersendiri bagi penikmatnya. Masakan pedas juga memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya sehingga tidak jarang mengakibatkan ketergantungan. Banyaknya keringat yang keluar ketika mengkonsumsi masakan pedas juga juga menjadi hal yang seringkali diburu penikmat masakan pedas. Namun, anda perlu hati-hati, makanan-makanan pedas dapat mengindikasikan beberapa penyakit berbahaya terutama pada lambung seperti magh akut, tukak lambung, refluks asam, insomnia dan berkurangnya nafsu makan. Berikut ulasan sederhana mengenai hubungan masakan pedas dengan penyakit-penyakit tersebut.

  1. Mag Akut

Penyakit yang sering disebut dengan gastritis ini diakibatkan oleh peradangan pada membrane yang melapiri perut atau yang disebut dengan mukosa lambung. Pada gejala awal, rasa sakit pada perut bagian bawah kadang tidak begitu diperdulikan oleh banyak orang. Namun ketika sudah akut, penyakit ini biasanya ditandai dengan mual, muntah, diare, sakit kepala atau demam. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan mengurangi makanan pedas dan diimbangi dengan air putih yang cukup.

  1. Tukak Lambung

Luka yang diakibatkan oleh seringnya mengkonsumsi masakan pedas akan menyerang beberapa tempat yaitu duodenum atau usus kecil yang berada pada lapisan mukosa yang sensitive. Gejala dari penyakit ini, perut anda akan terasa terbakar, mual, dan pusing atau sakit kepala.

  1. Refluks Asam

Penyakit ini merupakan suatu gejala dimana isi lambung yang dialirkan kembali ke kerongkongan. Rasa pedas pada dasarnya merupakan kombinasi dari rasa asam. Penyakit ini dapat mengakibatkan nyeri, peradangan dan tentu kerusakan kerongkongan. Selain itu, jika terlalu banyak asam yang masuk kedalam lambung juga akan merusak dindingnya.

  1. Insomnia

Peningkatan suhu tubuh yang diakibatkan oleh konsumsi makanan pedas dapat menjadikan anda susah tidur. Untuk itu, cara sederhana untuk menghidarinya adalah tidak melakukan aktifitas makan sebelum tidur. Jika terpaksa makan sebelum tidur, lakukanlah paling tidak 2 jam sebelumnya. Agar metabolism kembali normal dan tubuh anda rileks untuk tidur.

Demikian postingan kami kali ini, Semoga Informasinya bermanfaat! 😀
Like , Comment dan share! jika bermanfaat untuk orang-orang tersayang di sekitar anda. 🙂 . nantikan postingan-postingan bermanfaat kami selanjutnya.‪#‎SalamHidupSehat‬

 

writer : Bagus Ardian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *